• Kajian SEMMI Bagian 4

    Bag. 4

    SEMMI Bertujuan, tapi SEMMI Bukan Tujuan

    SEMMI sebagai wadah/ organisasi pergerakan tentu memiliki tujuan. Namun setiap kader SEMMI dalam mewujudkan tujuannya itu, tdk menjadikan SEMMI sbg tujuan akhir perjuangan.

    Mari simak penjelasannya :

    A. SEMMI MEMILIKI TUJUAN
    Apakah tujuan yg ingin dicapai pergerakan SEMMI sebenarnya?

    1. Bersandar pada Al-Qur'an, bahwa SEMMI sbg mahasiswa muslim bertujuan membangun Masyarakat MADANI (QS. An-Nuur : 55) dan mewujudkan keislamannya secara Kaffah (QS. Al-Baqoroh :208)

    2. Merujuk pada tujuan Organ Induk, SI Indonesia, bahwa SEMMI turut serta menjadi salah satu bagian kekuatan dalam mewujudkan tujuan SI Indonesia sbg induknya yakni berkehendak menjalankan Islam seluas-luasnya dan sepenuh-penuhnya menuju kemerdekaan yg sejati. (AD ART Syarikat Islam Indonesia, Bab 2 Pasal 2, hal. 4)

    3. Konteks Negara dan Kebangsaan, bahwa SEMMI ikut berkepentingan membangun, membela dan mempertahankan Negara Indonesia yg meninggikan kalimah toyyibah dalam kehidupan bangsanya (Baldatun toyyibatun warobbun ghofuur) QS.  Saba (34) : 15.

    B. SEMMI BUKAN TUJUAN
    Setiap kader SEMMI diingatkan sejak pertama kali berikrar (bai'at), bahwa ia rela mewakafkan dirinya kpd Allah utk meninggikan Dienul Islam di atas segala apa yg dpt ia fikirkan, siap ta'at diatur oleh hukum Alloh, Rosul dan Ulil Amri (QS. An-Nisa : 59), sebagaimana termaktub sighat bai'at SI Indonesia (AD ART SI INDONESIA, Bab 5, pasal 7, hal. 7)

    Maka esensi kesiapan ia menjadi mu'min, muhajir dan mujahid itu adalah kpd Allah, bukan kpd SEMMI. Karena SEMMI adalah hanya sebatas ALAT PERJUANGAN bukan TUJUAN AKHIR.

    So, jangan gagal fokus!

    Jadikanlah SEMMI sbg sarana/alat kita menunaikan hak dan kewajiban kita sbg shaf/barisan mahasiswa muslim. Jgn ada fanatisme dan ekslusivisme berlebihan. Gantungkan segala ikhtiar perjuangan kita di SEMMI hanya kpd Allah SWT, karena jika ada sesuatu yg tdk sesuai harapan pribadi kita, maka akan kecewa.

    fattaqullaaha mastatho'tum
  • You might also like

Tentang Kami

Tentang Kami

Ad Home

LightBlog

Facebook

Random Posts

Recent Posts

Popular Posts