• Mari Mengenal SEMMI

    Materi 1 :

    Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia, disingkat SEMMI merupakan salah satu organisasi front dari SYARIKAT ISLAM INDONESIA yg khusus didirikan utk menyiapkan lumbung kader2 generasi muda dari kalangan intelektual mahasiswa.

    Awal pertama dicetuskan pada Majelis Tahkim XXIX tahun 1956 di Bandung, diprakarsai Bpk. Arudji Kartawinata mengusulkan perlunya dibentuk organ front di kalangan mahasiswa utk menguatkan kaderisasi yg dijalankan baru di pemuda muslim. Sedangkan Pemilu pertama tahun 1955 sebelumnya, PSII kalah telak dari Masyumi, PNI, PKI dan PNU.

    Maka, pada tanggal 2 April 1956 didirikan secara resmi di Jakarta oleh Arudji Kartawinata yg terpilih pada MT Luar biasa menjadi Presiden LT PSII (sekarang : Syarikat Islam Indonesia, disingkat SI Indonesia).

    1. Landasan Ideologi
        DIENUL ISLAM

    2. Landasan Konstitusi
         KITABULLOH & SUNNAH ROSULULLOH SAW

    3. Landasan Pergerakan
        PROGRAM AZAS
        (Persatuan dalam Umat Islam, kemerdekaan Umat, penghidupan ekonomi, bersifat Negara (staat) dan pemerintahan, persamaan hak dlm hukum, dan kemerdekaan yg sejati)

    PROGRAM TANDHIM (Perlawanan)
    Sebersih-bersih tauhid
    setinggi-tingginya ilmu
    Sepandai-pandai siyasah

    4. Landasan Organisasi
        AD-ART SEMMI
        Pertama ditetapkan pd Kongres I, tgl 11 oktober 1964 di Bandung.
        Dilakukan penyempurnaan pada Kongres II di Makassar, tgl 3-10 Desember 1966.
        AD ART tidak berubah lagi sampai Rapat Pleno DPP SEMMI tgl 19 Juni 2005, lalu disempurnakan kembali pada Kongres tgl 11-12 Agustus di Jakarta.

  • You might also like

Tentang Kami

Tentang Kami

Ad Home

LightBlog

Facebook

Random Posts

Recent Posts

Popular Posts